7 Hal Wajib sebelum Belikan Anak iPhone dan iPod

https://hanyaorangiseng.files.wordpress.com/2011/04/iphone_and_ipod.jpg?w=300Metrotvnews.com: iPhone dan iPod Touch tak hanya menjadi barang idaman orang dewasa. Anak-anak pun banyak yang menginginkan piranti tersebut sebagai kado buat mereka.

Yang perlu diingat, sebelum Anda membungkus piranti tersebut dengan kertas kado dan memberikannya pada anak-anak, pastikan Anda melakukan hal-hal di bawah ini demi keamanan si buah hati.

1. Buatkan akun iTunes untuk Mereka

Baik iPod Touch maupun iPhone, keduanya mensyaratkan pembuatan akun iTunes untuk memungkinkan penggunanya mendownload musik, film, aplikasi dan konten lainnya dari iTunes Store. Sejumlah orang tua menginginkan anak-anaknya memiliki akun sendiri agar tagihan pembelian tidak mampir di akun Anda.

Nah jika anak Anda memiliki komputer pribadi, buatkanlah akun iTunes untuknya di komputer tersebut. Akan tetapi jika komputer yang dipakai adalah komputer bersama, pastikan setiap orang logout dari akun iTunesnya masing-masing setelah selesai.

2. Aktifkan Passcode

Dengan passcode, piranti iPhone atau iPod Touch anak-anak akan terlindungi. Apalagi, jika misalnya nanti kecurian, pelaku tak akan bisa mengakses informasi yang ada di dalamnya. Passcode ialah kode keamanan yang harus dimasukkan setiap kali pemakai ingin menggunakan pirantinya. Usahakan Anda memakai passcode yang mudah diingat anak-anak.


3. Instal Aplikasi

Sebelum menginstal aplikasi untuk anak-anak, pastikan kontennya aman dan bermanfaat. Mengingat di dalam App Store terdapat banyak sekali aplikasi, Anda harus pintar memilah-milah aplikasi mana yang tepat dipakai untuk anak-anak.

4. Gunakan Content Restrictions

Gunakan Content Restriction untuk mencegah anak mengakses konten-konten dewasa hingga memakai video chat. Tools yang dibangun Apple di dalam operasi sistemnya ini memang memungkinkan orang tua untuk mengontrol konten dan aplikasi apa saja yang diakses anak-anak.


5. Aktifkan iTunes Allowance

Anda tak ingin kan anak-anak asyik berbelanja di iTunes dengan bebasnya? Bisa-bisa dompet Anda yang jebol. Oleh karena itu, gunakan iTunes Allowance di mana ia akan mengontrol pemakaian dana yang dipakai anak-anak untuk membeli musik dan sebagainya.

6. Belikan Pelindung

Untuk melindungi piranti dari kecerobohan anak-anak, seperti tak sengaja terjatuh, maka pilih pelindung yang aman untuk badan iPhone atau iPod Touch Anda. Sedang untuk melindungi layar dari gesekan, pasanglah screen protector (pelindung layar) agar piranti tetap dalam kondisi mulus.

7. Pelajari Tentang Gangguan Pendengaran

Pelajari mengenai penggunaan iPod yang aman agar anak-anak terhindar dari gangguan pendengaran. Ajak mereka ngobrol mengenai bahaya yang bisa dialami telinga mereka, misalnya jika menyetel volume terlalu keras.(Sumber: iPod.about.com/InternetSehat/DOR)

sumber

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: