» » [Must Read]Mengenal Penyu Pipih Yang Menawan « «

Panjang tempurung 88 – 96 cm, pipih dan halus dengan 4 pasang sisik rusuk yang melengkung ke luar di sisi tubuh. Warna punggung kelabu, perut krem. Berat dapat mencapai antara 70 – 90 kg. Umumnya bertelur di pulau – pulau yang terdapat di antara perairan australia sampai dengan perairan indonesia bagian timur. Telurnya berjumlah antara 22 -76 butir dengan garis tengah antara 4,7 – 5,6 cm, menetas setelah 47 – 58 hari. Tidak banyak diketahui tentang makanannya tetapi pada umumnya adalah Carnivora.
KLASIFIKASI ILMIAH
Kerajaan : Animalia 

Divisi : Chordata

Kelas : Reptilia

Ordo : Testudines

Famili : Cheloniidae

Genus : Natator (McCulloch, 1908)

Spesies : N. depressus

Nama Binomial : Natator depressus (Garman, 1880)

Penyu pipih termasuk dari keluarga Cheloniidae, dan merupakan spesies hanya ditemukan dalam genus Natator. Adalah penyu yang banyak ditemukan didaerah Australia dan Indonesia bagian timur.
Penyu jenis ini tergolong dalam monotypic genus, Natator, dalam keluarga Cheloniidae. Yang berarti “Perenang“, Depressus dalam bahasa latin yang berarti “flat“.
HABITAT
Penyu pipih biasanya ditemukan di teluk, dangkal, perairan rumput, terumbu karang , estuaria dan laguna di pantai utara Australia dan di lepas pantai Papua Nugini.
Spesies ini sering mencari makan di Indonesia dan Papua New Guinea , tetapi sarang dari penyu ini hanya di Australia . Bersarang di Australia, dari Exmouth di Western Australia untuk Mon Repos Taman Konservasi di Queensland .
Penangkaran situs yang paling signifikan adalah Pulau Kepiting di barat Selat Torres. Pembibitan juga dilakukan di pulau-pulau selatan Great Barrier Reef , dan pada daratan pantai dan pulau-pulau lepas pantai utara Gladstone.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: