Black Silicon Sollar Cell Lebih Murah Dan Lebih Menyerap Banyak Energi

Memang panel surya yang selama ini terlihat menarik, tapi sekarang panel surya itu bukanlah tandingan bagi black silicon solar cell yang ditemukan National Renewable Energy Laboratory (NREL) baru-baru ini. Para ilmuwan di NREL menemukan bahwa dengan membuat ribuan lubang kecil di silicon wafer membuatnya hampir terlihat berwarna hitam dan karenanya mampu menyerap hampir semua sinar matahari dan semakin banyak solar cell yang dapat menyerap berarti akan semakin efisien panel tersebut.

Para ilmuwan belum lama dilaporkan sedang menggunakan bahan pewarna biasa untuk membantu solar cell menyerap lingkup cahaya yang lebih luas tapi eksperimen ini sudah melangkah lebih jauh lagi. Tidak ada warna yang bisa mengalahkan warna hitam dalam hal menyerap. Warna hitam tidak memantulkan apapun — ia menimbun semua foton. Para ilmuwan mendapatkan gagasan ini dari sebuah tim di Munich yang menempatkan lapisan emas tipis dan beberapa zat kimia di silikon untuk menjadikannya hitam.

Dengan menggabungkan emas dan zat kimia dan menyemprotkannya ke silikon, mereka mampu menciptakan black silicon wafer dalam waktu kurang dari tiga menit dengan suhu kamar. Dengan suhu 100 Fahrenheit mereka bisa melakukannya kurang dari satu menit — ini pertanda baik untuk produksi massal. Mereka menyebut black silicon mereka ukiran basah karena campuran zat kimia dan emas itu masih basah saat diterapkan dan membuat lubang di bahan ini. Usaha mereka berikutnya adalah membuat panel surya yang bisa digunakan dengan silikon mereka yang sudah dilubangi.

Get cash from your website. Sign up as affiliate.

bisnis paling gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: