Film Kartun Legendaris

1. Mickey Mouse & Donald Duck

Adalah dua tokoh kartun Animasi pertama, yang dihasilkan pada tahun 1901 dan diciptakan oleh seorang lelaki bernama Walter Disney.
Ia mendirikan sebuah perusahaan yang kian lama semakin merajai dunia kartun. Perusahaan yang menjadi rajanya animasi ini, adalah Walt Disney. Sudah ratusan film kartun yang diciptakan oleh perusahaan besar ini sampai sekarang.
Adanya animasi, berawal dari kontribusi hasil karya seseorang yang bernama Walt Disney. Lahir dengan nama Walter, dengan nama panggilan Walt yang sejak kecil sudah memiliki hobi menggambar, khususnya gambar kartun. Mulai dari sketsa, hingga kartun yang berwarna.
Saat remaja, ia pergi kerumah pamannya untuk berkunjung dan berjalan-jalan mencari sesuatu di ladang pamannya. Disana, ditemukan banyak sekali tikus-tikus ladang yang berkeliaran disekitarnya.

Melihat banyaknya tikus, suatu saat ia terinspirasi. Muncul keinginan untuk menuangkan imajinasinya kedalam bentuk kartun. Maka, dicobalah membuat sketsa kartun yang berasal dari objek tikus yang dilihatnya.
Banyaknya imajinasi yang muncul, membuatnya tergerak melakukan proses pencarian bentuk. Mulai dari bagaimana menggambarkan komponen-komponen anggota tubuh tikus, agar terlihat lucu, menarik, dan tidak menjijikkan.

Dari proses tersebut, maka lahirlah Mickey Mouse yang merupakan cikal bakal dari kartun animasi pertama yang pernah dibuat. Awal mulanya, bentuk Mickey masih sederhana. Dengan beberapa ciri tikus yang dimanipulasi mulai dari bentuk telinga yang dibuat bulat.
Bentuk mata yang dibuat besar hampir sebesar wajahnya, dan bentuk tubuh yang kurus ditambah atribut celana pendek yang dibuat sederhana sehingga memudahkan untuk proses produksinya.
Dan Mickey Mouse, melakukan debutnya di layar perak dalam film bertajuk ‘Steamboat Willie’ pada 18 November 1929.

Bentuk tersebut lama-kelamaan berevolusi menjadi bentuk yang lebih detail dan bervariasi pada pakaian yang dikenakan. Pada awalnya, kartun yang di buat animasinya ini tanpa suara. Hanya mengandalkan gerakan objeknya saja.
Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin berkembang, maka pada akhir era 60-an film kartun ini akhirnya dapat diisi dengan suara.

Keberhasilan karakter Mickey Mouse dipasaran ini mengawali tumbuhnya industri animasi yang berskala lebih besar lagi, dan makin banyak karakter-karakter kartun yang bermunculan.
Salah satu tokoh kartun terkenal lainnya karya Walt Disney adalah Donal Duck. Tokoh tersebut memulai debutnya pada tanggal 9 Juni 1934, dalam suatu pagelaran.

Pada saat itu, sifat berapi-apinya sangat disayangkan oleh para pemirsanya. Dan pada tahun 1940, popularitasnya melebihi Mickey Mouse di nomor gambar lucu yang kemudian ordernya cukup laris untuk gedung-gedung bioskop di Amerika.
Sampai akhirnya, terbentuklah 128 film kartun Donal Duck pada saat itu, dimana dia selalu lebih unggul dari Mickey Mouse, Gufi, dan Pluto.

Suara Asli Donal Duck berasal dari seorang pemuda Amerika yang bernama Clarence ‘Ducky’ Nash, dimana dia merasakan kesuksesan bersama Donal Duck selama 50 tahun. Kemudian Clarence Nash, digantikan oleh Tony Anselmo. Pada tanggal 7 Februari 1938, Donal Duck mulai masuk pada sebuah komik koran.

Meski sedikit bawel, namun Donal Duck selalu memiliki rasa pamrih yang baik. Dia selalu perhatian terhadap orang yang perduli padanya.
Donal sendiri mempunyai nama lengkap yaitu Donald Fauntleroy Duck. Nama Fauntleroy, berasal dari setelan pakaian pelaut yang selalu dikenakannya.

Situs Disney menyatakan tanggal kelahiran Donal Duck jatuh pada tanggal 9 Juni 1934, dengan debut film yang dirilis berjudul ‘The Three Caballeros’. Sejak Tahun 1999, suara Donal Duck tidak lagi dipegang oleh Tony Anselmo.
Namun dipegang oleh seorang Jepang yang bernama Koichi Yamadera. Koichi sendiri, dilatih suaranya oleh Tony Anselmo.

2.Tom and Jerry

adalah sebuah serial animasi Amerika Serikat hasil produksi MGM yang bercerita tentang sepasang kucing (Tom) dan tikus (Jerry) yang selalu bertengkar. Seri animasi ini adalah pemenang Academy Award (Piala Oscar) dan membentuk dasar dari seri sukses studio Metro-Goldwyn-Mayer (MGM). Cerita pendek mereka ini diciptakan, ditulis dan disutradarai oleh dua orang animator bernama William Hanna dan Joseph Barbera (mereka kemudain terkenal sebagai Hanna-Barbera).
Seri animasi ini diproduksi oleh MGM Cartoon Studio di Hollywood pada tahun 1940 hingga 1957 saat unit animasi studio tersebut ditutup. Pada tahun 1960, MGM mempekerjakan Rembrandt Films (pimpinan Gene Deitch) di Eropa Timur untuk memproduksi seri Tom and Jerry ini.
Produksi Tom and Jerry kembali ke Hollywood pada tahun 1963, dikerjakan oleh Sib-Tower 12 Productions pimpinan Chuck Jones. Seri produksi ini berlangsung hingga tahun 1967.
Tom and Jerry muncul kembali di acara kartun televisi hasil produksi Hanna-Barbera (1975-1977; 1990-1993) dan Filmation Studios (1980-1982). Film animasi pendek produksi MGM karya Hanna dan Barbera dikenal karena telah memenangkan tujuh Academy Award, sama dengan prestasi Silly Symphonies karya Walt Disney. Dua karya ini adalah karya animasi seri yang paling banyak menerima penghargaan

 

3.Scooby-Doo

adalah sebuah serial animasi televisi Amerika Serikat yang diproduksi untuk acara televisi Sabtu pagi hari (jam tayang untuk acara televisi anak-anak di AS). Film animasi ini telah diproduksi dalam beberapa versi yang berbeda dari tahun 1969 hingga sekarang.Serial animasi Scooby-Doo diciptakan oleh Joe Ruby, Ken Spears (cerita) dan Iwao Takamoto (perancang karakter) untuk Hanna-Barbera Productions — produser film animasi yang menghasilkan banyak seri-seri lainnya yang berhubungan dengan Scooby-Doo — hingga dibelinya rumah produksi ini oleh Warner Bros. di tahun 1997. Warner Bros. ini kemudian meneruskan produksi serial animasi ini sejak saat itu.
Walaupun format acara dan tokoh-tokoh serial ini berbeda-beda semenjak diciptakan, versi serial TV Scooby-Doo yang paling terkenal adalah yang terdiri atas Scooby-Doo — seekor anjing yang mampu berbicara — dan empat orang remaja: Fred “Freddie” Jones, Daphne Blake, Velma Dinkley, dan Norville “Shaggy” Rogers.
Kelima tokoh ini (secara resmi dikenal bersama sebagai “Mystery, Inc.” walaupun pada awalnya tidak dinamai demikian) berkeliling dunia menggunakan sebuah mobil van yang dinamai “Mystery Machine”, dan memecahkan berbagai misteri yang berhubungan dengan hantu dan kekuatan gaib. Pada akhir tiap episode-nya, kekuatan gaib itu ternyata memiliki suatu penjelasan yang masuk akal, biasanya mengenai rencana-rencana kriminal yang menggunakan kostum dan efek mekanis khusus dengan tujuan untuk menakut-nakuti atau mengalihkan perhatian. Pada versi-versi Scooby-Doo yang lebih baru disajikan variasi-variasi yang baru mengenai tema-tema kekuatan gaib, dan menampilkan beberapa tokoh baru seperti Scooby-Dum, sepupu Scooby-Doo, dan Scrappy-Doo, keponakan Scooby-Doo.
Seri animasi TV Scooby-Doo mulanya ditayangkan di stasiun TV AS CBS dari tahun 1969 hingga tahun 1976 ketika acara ini pindah ke ABC. Stasiun TV ABC menghentikan tayangan film seri ini di tahun 1986, tapi menayangkan seri tiruannya berjudul “A Pup Named Scooby-Doo” dari tahun 1988 hingga tahun 1991. Seri Scooby-Doo baru, “What’s New, Scooby-Doo?”, ditayangkan oleh Cartoon Network dan diteruskan oleh WB Network dalam bagian program Kids’ WB dari tahun 2002 hingga tahun 2005. Serial Scooby-Doo terkini, “Shaggy & Scooby-Doo Get a Clue!”, ditayangkan tiap Sabtu pagi oleh CW Network.

 

4.Doraemon (ドラえもん)

adalah judul sebuah manga populer yang dikarang Fujiko F. Fujio (藤子・F・不二雄) sejak tahun 1970 dan berkisah tentang kehidupan seorang anak pemalas kelas 5 SD yang bernama Nobi Nobita (野比のび太) yang didatangi oleh sebuah robot kucing bernama Doraemon yang datang dari abad ke-22. Dia dikirim untuk menolong Nobita agar keturunan Nobita dapat menikmati kesuksesannya daripada harus menderita dari utang finansial — yang akan terjadi di masa depan — yang disebabkan karena kebodohan Nobita.Nobita, setelah gagal dalam ulangan sekolahnya atau setelah diganggu oleh Giant dan Suneo, akan selalu mendatangi Doraemon untuk bantuannya. Doraemon kemudian biasanya akan membantu Nobita dengan menggunakan peralatan-peralatan canggih dari kantong ajaibnya; peralatan yang sering digunakan misalnya “baling-baling bambu” dan “Pintu ke Mana Saja”. Sering kali, Nobita berbuat terlalu jauh dalam menggunakan peralatannya dan malah terjerumus ke dalam masalah yang lebih besar.

5.popeye

Siapa di antara kita yang tidak mengenal serial Popeye The Sailor Man, cerita kartun dengan Popeye seorang pelaut yang gemar memakan bayam sebagai tokoh utama di dalamnya. Serial ini menjadi acuan bagi para orang tua agar anak-anaknya mau memakan sayur-sayuran agar bisa kuat seperti Popeye. Namun ada maksud-maksud tersembunyi di balik pembuatan cerita Popeye yang menyangkut dengan sejarah Amerika Serikat.Pada awalnya kartun Popeye dibuat untuk ditayangkan dalam harian King Features oleh penciptanya Elzie Crisler Segar pada tahun 1929 dan terus ditayangkan hingga serial televisinya dibuat pada tahun 1933. Dibuatnya serial kartun ini memiliki kaitan yang erat dengan peristiwa depresi ekonomi serta Perang Dunia ke II yang dialami oleh Amerika serikat ketika itu. Kebijakan penghematan ekonomi yang dilakukan oleh pemerintah Amerika juga menyentuh bidang pangan. Daging, telur, serta berbagai macam sumber protein lainnya sebagian besar didistribusikan untuk keperluan para prajurit di medan perang, sedangkan rakyat yang ada di dalam negeri hanya mendapatkan sisanya yang hanya berupa sayur-sayuran terutama bayam tanaman yang mudah tumbuh di mana saja dengan waktu panen yang cepat.Dapat dikatakan serial Popeye berhasil menjadi alat propaganda Amerika agar rakyat tidak melakukan protes karena tidak tersedianya daging serta makanan berprotein lainnya dan mau dibujuk agar mau memakan sayur-sayuran karena Popeye menjadi kuat hanya dengan memakan bayam saja. Selain itu heroisme karakter Popeye dengan atribut angkatan lautnya dimaksudkan agar rakyat mau bergabung ke dalam milter Amerika Serikat dan mendukung pemerintah dalam Perang Dunia Ke II.Pemerintah memang memiliki segala macam cara agar segala tujuannya tercapai dan Popeye adalah salah satu bukti dari upaya pemerintah mempropagandakan segala kebijakan yang dikeluarkannya agar mendapatkan dukungan dari rakyat.

6.WINNIE THE POOH

Selama Perang Dunia pertama tentara dari Winnipeg (Manitoba, Kanada) adalah diangkut ke timur Kanada, dalam perjalanan mereka ke luar negeri Eropa di mana mereka harus bergabung ke-2 Brigade Infanteri Kanada. Ketika kereta berhenti di White River, Ontario, seorang letnan bernama Harry Colebourn membeli beruang hitam kecil anak harimau betina sebesar $ 20 dari seorang pemburu yang telah membunuh ibunya. Ia menamai dia ‘Winnipeg’, setelah kota kelahirannya Winnipeg, atau ‘Winnie’ untuk pendek. Winnie menjadi maskot dari Brigade dan pergi ke Britania dengan unit. Ketika Brigade diposting ke medan tempur dari Perancis, Lt Colebourn membawa Winnie ke Kebun Binatang London pinjaman lama. Secara formal disajikan Colebourn London Zoo dengan Winnie pada Desember 1919 di mana ia menjadi atraksi yang populer dan tinggal sampai 1934. Beruang juga sangat populer oleh Christopher Robin, putra penulis AA Milne. Itu adalah favorit di kebun binatang, dan ia sering menghabiskan waktu di dalam kandang dengan itu. Beruang adalah Christopher Robin’s inspirasi untuk memanggil boneka beruang Winnie sendiri …. Winnie the Pooh (beruang teddy ini mulai dengan nama Edward Bear). Nama aslinya Pooh milik angsa, seperti dapat dilihat dalam sebuah puisi dari Milne’s When We Were Very Young. A.A. Milne mulai menulis serangkaian buku tentang Winnie the Pooh, putranya Christopher Robin, dan teman-teman mereka di 100-Aker-Wood. Ini karakter lain, seperti Eeyore, Piglet, Tigger, Roo Kanga dan juga didasarkan pada boneka hewan milik Christopher Robin. Karakter lain seperti Rabbit dan Owl didasarkan pada hewan yang hidup, persis seperti Pooh angsa, di sekitar wilayah negara Milne rumah Cotchford Farm di Ashdown Forest, Sussex, di mana 100-Aker-kayu itu didasarkan. ‘Winnie-the-Pooh’ diterbitkan oleh Methuen pada 14 Oktober 1926, ayat-ayat “Sekarang Kita Enam ‘pada tahun 1927, dan’ The House at Pooh Corner ‘in1928. Semua buku-buku ini digambarkan dalam cara yang indah oleh EH Shepard, yang membuat buku-buku bahkan lebih magis. The Pooh-buku menjadi favorit perusahaan dengan tua maupun muda dan telah diterjemahkan ke dalam hampir semua bahasa yang dikenal. Angka konservatif untuk total penjualan dari empat Methuen edisi (termasuk Ketika We Were Very Young) sampai dengan akhir tahun 1996 akan menjadi lebih dari 20 juta eksemplar. Angka-angka ini tidak termasuk penjualan dari empat buku yang diterbitkan oleh Dutton di Kanada dan Amerika Serikat, maupun edisi bahasa asing yang dicetak di lebih dari 25 bahasa di seluruh dunia! The Pooh-buku juga telah favourites of Walt Disney’s putri dan terinspirasi untuk membawa Pooh Disney untuk film pada tahun 1966. Pada tahun 1977 “Yang Banyak Adventures of Winnie the Pooh ‘, fitur pertama-film animasi Pooh dirilis. Pada tahun 1993, Walt Disney Company mengakui bahwa kedua Pooh Bear adalah hanya untuk Mickey Mouse dalam portofolio mereka yang paling-dicintai dan dipercaya karakter dikenal jutaan orang di seluruh dunia. Pada tahun 1996, setelah rilis kedua dari ‘Yang Banyak Adventures of Winnie the Pooh’, si Beruang yang Sangat Otak Kecil telah terbukti menjadi lebih populer dari karakter Disney lainnya. Pada tahun 1997, tiga puluh tahun setelah rilis ‘Yang Banyak Adventures of Winnie the Pooh’, Disney dirilis ‘Pooh’s Grand Adventure’, mengambil tempat 22 Disney Masterpiece hiraukan inilah kelima kartun legendaris versi unikbinjaib.tk

Get cash from your website. Sign up as affiliate.

bisnis paling gratis

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: