Komputer Mewah Mejeng di Meja Anggota DPR

JAKARTA – Tidak berhasil dengan program laptop Rp21 juta buat anggota DPR pada 2007 lalu, bukan berarti proyek komputerisasi di DPR mandeg. Kini setiap anggota DPR sudah dibekali komputerisasi yang tak kalah mewah.

Tengok saja ruang-ruang anggota Dewan di Gedung DPR, Senayan. Di sejumlah ruangan di Wisma Nusantara I, misalnya, komputer desktop dengan merek Dell dengan seri Studio One 19 tidak jarang terlihat nongkrong di atas meja, anggota dewan atau stafnya.

Menurut salah seorang staf anggota DPR, fasilitas komputer jetset itu mulai didrop oleh Setjen DPR, sejak Desember tahun lalu atau dua bulan sejak pelantikan anggota dewan yang baru.

“Komputer itu dipasang sejak Desember,” kata seorang staf yang tidak mau namanya disebut kepada okezone, Selasa (19/1/2010).

Komputer itu memang bisa dibilang mewah. Dengan layar LCD ukuran 18.5 inch dan keyboard serta mouse optik tanpa kabel, harga komputer tersebut berkisar USD1.644. Tidak hanya komputer, para anggota dewan juga mendapat printer multi fungsi yang canggih bermerek Samsung.

Memang untuk kalangan yang berprofesi design grafis dan kalangan gamers, komputer dengan fitur canggih ini bukan fasilitas yang terlalu mewah, namun bagi anggota DPR yang kebutuhannya untuk mengetik, atau sekadar berinternet komputer dengan spesifikasi high tech seperti ini jauh di atas kebutuhan dan agak berlebihan.

Salah satu anggota DPR Komisi X yang juga merupkan panitia anggaran, Akbar Zulfakar yang sempat berbincang dengan okezone mengatakan komputer-komputer itu merupakan pengadaan yang disetujui panitia anggaran anggota DPR periode lalu.Jadi secara tidak langsung, komputer-komputer itu merupakan warisan dari anggota DPR periode lalu.

“Itu kan disetujui panitia anggaran tahun lalu. Kami di sini panitia anggaran, baru membahas APBNP,” katanya. Sementara itu Sekjen DPR Nining Indra Saleh yang coba dimintai keterangan beberapa kali tadi malam handphonenya tidak diangkat.(fit)

saus http://news.okezone.com/read/2010/01…ja-anggota-dpr
Selain Mewah, Komputer DPR Juga Bisa Buat Ngegame

JAKARTA – Keputusan membeli komputer baru dalam pengadaan fasilitas anggota DPR periode 2009-2014 sudah melalui perhitungan dan pertimbangan matang. Menurut Sekjen DPR Nining Indra Saleh, harga komputer baru sebanding dengan biaya sewa selama dua tahun.

“Sempat terpikir mencari alternatif untuk menyewa komputer. Namun setelah dihitung-hitung untuk dua tahun menyewa ternyata harganya sama dengan membeli komputer baru,” ujarnya di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (20/1/2010).

Komputer baru ini, kata Nining, sudah ditempatkan di seluruh ruangan anggota DPR yang jumlahnya 560 unit. Kendati ada pergantian, komputer lama masih bisa digunakan.

Namun pemanfaatannya tergantung dari angota dewan. “Komputer yang lama masih bisa dipergunakan, dan terserah anggota DPR. Sekjen siap menerima, kalau pun tidak, tidak apa-apa,” ujar Nining yang mengatakan spesifikasi komputer tersebut sesuai ajuan anggota DPR.

Sejak beberapa waktu lalu, 560 anggota DPR menikmati fasilitas komputer baru di ruangannya. Yaitu komputer desktop dengan merek Dell seri Studio One 19 dengan layar LCD ukuran 18.5 inch dan keyboard serta mouse optik. Komputer dengan kisaran harga USD1.644 itu juga dilengkapi printer multifungsi bermerek Samsung.(ram)

saus http://news.okezone.com/read/2010/01…a-buat-ngegame

Dapat Kompie Mewah, Anggota DPR Kaget

JAKARTA – Anggota DPR mengaku kaget dengan datangnya komputer mewah ke ruang kerjanya masing-masing. Karena pihak Sekretariat Jenderal DPR belum pernah memberitahukan akan datangnya komputer tersebut ke para anggota dewan.

Demikian dituturkan anggota Fraksi PKB, Chusnunia, saat berbincang dengan okezone, Rabu (20/1/2010).

“Kami ini kan anggota dewan baru, pengadaan ini tidak kami ketahui,” tegas Chusnunia.

Anggota dewan dari daerah pemilihan Lampung ini menuturkan, dirinya bingung dengan kedatangan komputer sejak 10 hari lalu itu. Pasalnya komputer ini pun malah menjadi pajangan di kantornya.

Bukan karena tidak mengerti teknologi, namun dirinya tidak merasa perlu untuk menggunakannya. “Nggak ada ini pun, saya tidak ada masalah. Saya sudah biasa kerja dengan laptop,” katanya.

Bahkan para stafnya juga, tidak merasa perlu untuk mendapat penggantian komputer. Lagipula, Chusnunia juga mengakui, laptop bermerek Dell itu terlalu berlebihan untuk para anggota dewan.

“Soal spek (spesifikasi), seharusnya tidak begitu. Komputer standar rumahan, menurut saya sudah cukup,” tukasnya.

Namun begitu, komputer yang katanya standar untuk pekerja desain grafis dan penyuka game itu, siap dikembalikan. “Jika harus dikembalikan, ya sudah,” katanya.

Selain komputer, anggota dewan pun mendapatkan printer baru, yang multifungsi. Seperti scanner, printer, dan fotokopi. Untuk hal yang satu ini, juga bernasib sama dengan komputer di ruang kerja politisi muda PKB itu.

“Yang lama masih bagus. Saya bingung kegunaannya buat apa. Mungkin nanti saya kembalikan saja,” tukasnya.

Komputer bermerek Dell itu memang bisa dikatakan mewah. Dengan layar LCD ukuran 18.5 inch dan keyboard serta mouse optik nirkabel (wireless), harga komputer tersebut berkisar USD1.644. Bersama komputer ini, para anggota dewan juga mendapat printer multifungsi yang canggih bermerek Samsung.

Untuk kalangan yang berprofesi desain grafis dan kalangan penyuka game, komputer dengan fitur canggih ini bukan fasilitas yang terlalu mewah. Namun bagi anggota DPR yang kebutuhannya untuk mengetik, atau sekadar berinternet, komputer dengan spesifikasi high tech seperti ini jauh di atas kebutuhan dan berlebihan.(hri)

saus http://news.okezone.com/read/2010/01…gota-dpr-kaget

$1644(15 jtan) x 560 unit = sekitar Rp 8.400.000.000

sumber :http://www.kaskus.us/showthread.php?t=3527343

2 Comments to “Komputer Mewah Mejeng di Meja Anggota DPR”

  1. cuma ngabisin duit orang ja tuch

  2. wakil y lebih mewah kehidupan y dari yg diwakilkan..hufh
    kho tega yah uang rakyat dihambur2kan utk hal yg ga terlalu penting,stahu gw negara yg lebih maju dari kita gak kya gini,mereka melakukan uang ketat untuk kalangan pemerintah y..(seperti y ada udang di balik tahu)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: