Bosen liat gaya demonstran di TV yang “biasa2” aja? Coba cek dulu yang satu ini, Gan!

Bosan ngeliat aksi-aksi pendemo di negeri kita yang ane rasa “biasa” aja?

Spoiler for 1. Bakar Ban:

Ngeliat ini ane jadi ingat salah satu gambar di uang Rp 1000 dulu..

Spoiler for 2. Jadi po.cong:

Pantesan akhir2 ini kuburan dekat kosan ane sepi banget.. ternyata oh ternyata ikut demo juga

Spoiler for 3. Anak kecil:

cie ileh.. masih kecil udah pernah demo.. ane aja belum pernah

Dan masih banyak lagi yang “standar” macam spanduk, baliho, pengeras suara, dan aksi teatrikal lainnya..

Tapi tau nggak Gan? Beberapa aksi demo yang menurut ane menarik, unik, gila, dan susah banget masuk di nalar ane itu dari negara mana?

Spoiler for Tebak dulu sebelum dibuka Gan!:
KOREA SELATAN.. yup! Pasti agan nggak mengira khan?

Ini beberapa contohnya:

Spoiler for Ngelepas Celana:
Ada banyak fans sepak bola Korea Selatan yang sangat kecewa ketika tim nasional mereka dikalahkan oleh Swiss di Piala Dunia 2006. Kebanyakan cuma merasa cuman kecewa aja, ada beberapa juga malah mengancam kedutaan Swiss lewat telepon, bahkan beberapa sampai2 membombardir hompage FIFA dengan komplen sehingga memaksa FIFA ngeblokir akses ke situsnya dari Korea secara sementara. Tapi beda dengan orang ini Gan! Ngebuka baju dan celana trus belagak bengong di tengah jalan

Spoiler for Makan Bendera:
Karena ngebakar bendera asing di Korea itu ilegal, jadi kalo pengen mengekspresikan ketidaksenangan sama negara laen itu kenapa benderanya nggak dimakan aja? Orang ini sangat marah saat kunjungan Perdana Menteri Jepang Koizumi di Kuil Yasukuni di tahun 2005 lalu

Spoiler for Ngelempar Tokai… hati2 yg lagi makan:
Asik nggak tuh ngelempar tokai? Hahaha.. Ya! Buktinya orang ini benar2 ngelempar tokai waktu lagi ngedemo. Dia ini termasuk anggota organisasi peternak sapi Korea Selatan yang marah karena supermarket Lotte memutuskan untuk ngejual daging sapi dari US

Spoiler for Kepala Anjing… hati2 gan agak DP:
Di bulan Maret 2007, seorang mantan tentara Korea Selatan ngedemo di depan Kedutaan Besar Jepang di Seoul dalam rangka memperingati kekuasaan kolonial Jepang di tahun 1919 dulu. Lima kepala anjing ini menurutnya merupakan simbol bagi orang2 Korea yang mendukung kolonial Jepang saat itu

Spoiler for Mengoyak Babi… hati2 LUMAYAN DP:
Di bulan Mei 2007, sekelompok orang yang ngeprotes kebijakan Pemerintah untuk memindahkan kantor militer ke Incheon menggelar demo dengan cara mengoyak seekor babi berumur 2 bulan. Kelompok pelindung hak hewan Korea Selatan kebakaran jenggot akibat demo ini

*Banyak Juragan2 yang setuju kalo ini yang paling sadis.. sangat setuju saya Gan! Kalo tujuannya dibunuh buat dimakan sih gak apa2.. ini malah.. ahhh.. gambar di atas sudah menjelaskannya kok!

Spoiler for Manusia Lebah:
Ahn Sang-gyu, seorang warga dan petani lebah di Korea Selatan melakukan demonstrasi di bulan Mei 2006 terhadap negara Jepang. Seperti Indonesia dan Negeri Sebelah yang ribut soal Ambalat, Jepang dan Korea Selatan juga ribut soal kepulauan Batu Liancourt. Orang ini menutupi tubuhnya dengan 187.000 lebah untuk mewakili 187.000 m2 tanah yang di klaim oleh Jepang tersebut

Spoiler for Pro-Prostitusi:
Ketika Korea Selatan mengesahkan hukum anti-prostitusi di taon 2004, ribuan PSK Korea Selatan menggelar aksi di jalan untuk menuntut kehidupan mereka dilindungi dan prostitusi dilegalkan.

Pada bulan Juni 2007, kejadian yang sama juga terjadi di Seoul tapi jumlahnya mencapai 3000 orang termasuk ini Gan

Spoiler for Obor:
Tidak jarang para pendemo di Korea Selatan membawa obor waktu mengadakan protes. Salah satunya adalah sewaktu memperingati gerakan 1 Maret

Jadinya malah ribut ama Polisi

Hasilnya? Bisa ditebak ama Agan2 sekalian

Spoiler for Nahan Air:
Kemaren ane liat ada yang posting di Kaskus tentang pendemo yang malah gosok gigi waktu disiram ama air, nah kali ini beda! Orang ini seorang demonstran anti-APEC 2005 lalu yang tetap tak begeming atau mau pindah tempat waktu disemprot langsung ama meriam air

Malah coba Agan liat ekspresinya.. mintak nambah kayaknya

Contoh-contoh diatas itu sebagian besar dilakuin sama mereka2 yang bisa dibilang nasionalis garis keras. Tapi jangan khawatir! Itu hanya sebagian kecil aja dari mereka Gan! Jangan sampai “Karena Nila setitik, rusak susu sebelanga”!

Pesan ane buat para Pendemo:
Negara kita ini Negara Republik! Melakukan demo itu adalah wajar di setiap negara demokrasi. Tapi ingat jangan sampai ANARKIS. Bukankah kita ini bangsa Indonesia yang terkenal dengan keramahtamahannya, khan?

Bahkan saking uniknya cara demo negara tersebut ada yang buat jurnalnya

TAMBAHAN

Spoiler for Burning Monk:
Spoiler for Burning Monk:
Lâm Văn Tức ( b. 1897 – d. 11 June 1963) was a Vietnamese Mahayana Buddhist monk who burned himself to death at a busy Saigon road intersection on 11 June 1963. Thích Quảng Đức was protesting against the persecution of Buddhists by South Vietnam’s Ngô Đình Diệm administration. Photos of his self-immolation were circulated widely across the world and brought attention to the policies of the Diệm regime. Malcolm Browne won a Pulitzer Prize for his iconic photo of the monk’s death, as did David Halberstam for his written account. After his death, his body was re-cremated, but his heart remained intact. This was interpreted as a symbol of compassion and led Buddhists to revere him as a bodhisattva, heightening the impact of his death on the public psyche.

http://en.wikipedia.org/wiki/Th%C3%A…4%90%E1%BB%A9c

Spoiler for Tiananmen – Tank Man:
Spoiler for Tiananmen – Tank Man:
Tank Man, or the Unknown Rebel, is the nickname of an anonymous man who achieved widespread international recognition as a heroic figure when he was videotaped and photographed during the protests at Beijing’s Tiananmen Square on June 5, 1989. Several photographs were taken of the man, who stood in front of a column of Chinese Type 59 tanks.

http://en.wikipedia.org/wiki/Tank_Man


One Comment to “Bosen liat gaya demonstran di TV yang “biasa2” aja? Coba cek dulu yang satu ini, Gan!”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: