Pakta Integritas UN Akan Diwajibkan

JAKARTA – Menteri Pendidikan Nasional (Mendiknas) Mohammad Nuh akan mewajibkan pakta integritas Ujian Nasional (UN) kepada seluruh pemangku kepentingan dan bukan sekadar imbauan semata.

Pakta tersebut, kata Nuh, akan dideklarasikan dalam acara Rembuk Nasional di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) di Sawangan, Depok pada hari penutupan Kamis besok.

Dalam Rembuk Nasional yang diselenggarakan sejak Rabu pagi itu, turut hadir pejabat di lingkungan Kemendiknas, para rektor perguruan tinggi negeri, ketua sekolah tinggi dan politeknik, Duta Besar Indonesia untuk UNESCO, para Ketua Badan, para kepala dinas pendidikan provinsi, para kepala dinas pendidikan kabupaten/kota, para Kepala Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) serta para atase pendidikan dari 12 KBRI dari berbagai negara.

Pendeklarasian pakta itu, lanjut mantan Menkominfo itu, dilakukan sebagai semangat bersama untuk merealisasikan UN dengan penuh prestasi dan kejujuran.

“Pada akhir sesi Rembuk Nasional hari ini akan ada penekenan antara dinas pendidikan dan perwakilan dari perguruan tinggi,” jelasnya kepada wartawan usai menyampaikan sambutan di acara tahunan tersebut.

Mendiknas menambahkan, konsekuensi bila UN dilakukan dengan tidak jujur akan diberikan sanksi pidana karena soal ujian nasional merupakan dokumen rahasia Negara. “Tidak akan ragu untuk mempidanakan oknum tersebut,” tegasnya.

Ketidak jujuran dalam UN, menurut Nuh, merupakan persoalan serius. Apalagi UN masih diragukan kredibilitasnya oleh para rektor sebagai persyaratan masuk perguruan tinggi negeri.

Mengenai persiapan UN, mantan rektor Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) ini, semuanya sudah sesuai dengan jadwal.

Ditanya mengenai anggaran, dia mengatakan, tanda bintang dalam anggaran UN sudah dicabut sehingga dana siap dicairkan. Mengenai realisasi pencairan akan dilakukan sesuai dengan kebutuhan.

“Kebutuhan yang paling dekat adalah saat penggandaan. Sekarang posisinya masih tender yang belum memerlukan biaya. Kapan penggandaan selesai? akan selesai dalam 10 hari sebelum hari H,” tandasnya.

sumber : okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: