Indonesia Terpuruk

BRISBANE – Telah dipastikan gagal melangkah ke putaran final Piala Asia 2011, Timnas Indonesia menambah luka. Itu setelah pasukan Merah Putih menelan kekalahan 0-1 oleh Australia pada partai pamungkas kualifikasi Grup B di Stadion Suncorp, Brisbane, Rabu (3/3/2010).

Australia hanya membutuhkan satu angka untuk melaju ke putaran final di Qatar pada 2011 mendatang. Tuan rumah langsung menunjukkan determinasinya tidak lama setelah wasit meniupkan peluit dan mengancam gawang Markus Horison. Beruntung, tendangan kapten Jason Culina masih melambung jauh di atas mistar gawang.

Memasuki menit kelima, armada Socceroos mendapat peluang melalui sepak pojok Mile Sterjovski. Kubu tuan rumah menyerukan adanya pelanggaran handball di kotak terlarang ketika header Simon colosimo menyentuh tangan pemain Indonesia. Namun, wasit tidak mengindahkan seruan tersebut.

Tim Merah Putih sempat berpeluang membuka keunggulan melalui Budi Sudarsono di menit ke-10. Striker Persib Bandung berhasil mengecoh lini belakang Australia dan menggiring bola ke depan gawang Mark Schwarzer. Sayangnya, tendangan lemah Budi langsung bisa ditangkap oleh Schwarzer.

Tidak bisa dipungkiri, kubu tuan rumah begitu mendominasi jalannya pertandingan dan memaksa anak-anak asuh Benny Dollo bekerja keras. Thomas Oar (Brisbane Roar) yang melakoni debutnya di timnas berhasil menyusahkan lini pertahanan Indonesia melalui umpan-umpan matangnya.

Salah satunya ketika gelandang 18 tahun melepaskan umpan silang kepada Joshua Kennedy di depan gawang Markus pada menit 32. Namun, kiper anyar Persib berhasil mengantisipasi bola dengan baik dan mengamankan gawangnya sebelum Kennedy mencapai bola.

Meski berhasil membendung rentetan serangan tim asuhan Pim Verbeek, Indonesia akhirnya harus mengakui keunggulan tuan rumah di menit 42. Bek JET United Mark Milligan (24) yang menjadi penentu kemenangan Australia setelah memanfaatkan kemelut di depan gawang dan menceploskan bola ke gawang Markus. Padahal, Markus bergerak cepat mengamankan gawangnya dari sepak pojok Luke Wilkshire. Namun, Milligan dengan cerdik menyambut bola rebound dan memutar badan sebelum membawa timnya unggul 1-0.

Gawang Markus kembali mendapat ancaman di masa injury time. Wilkshire lagi-lagi melepaskan tendangan pojok membahayakan yang langsung disambut header Simon Colosimo. Beruntung, Markus dengan sigap menepis bola ke atas mistar gawang. Hingga turun minum, kedudukan masih 1-0 untuk Australia.

Kendati telah mengamankan tiket menuju putaran final, JCulina dkk sama sekali tidak mengendurkan tekanan di babak kedua. Kennedy berkali-kali memaksa para supporter Indonesia menahan napas melalui rentetan serangannya.

Pemain Nagoya Crampus berpeluang menggandakan keunggulan bagi Socceroos di menit 50 setelah Oar berhasil meloloskan diri dari penjagaan dan merangsek ke kotak penalti sebelum melepaskan crossing kepada Kennedy. Sayang, upaya Kennedy belum membuahkan hasil.

Dua menit kemudian, Kennedy lagi-lagi nyaris menggetarkan gawang Markus. Berawal dari tendangan first time Scott Jamieson, Kennedy berupaya menanduk bola setelah Markus gagal membuang bola. Namun, Australia gagal menambah angka karena bola masih melebar.

Markus membuktikan kualitasnya sebagai kiper papan atas tanah air ketika melakukan aksi penyelamatan gemilang di menit 75. Mantan kiper Arema mementahkan bola hasil serangan Jason Culina dari jarak dekat. Markus pun memastikan Indonesia ‘hanya’ takluk dengan skor tipis 0-1.

Indonesia memang sudah tercoret dari putaran final Piala Asia 2011. Namun, hasil ini jelas menambah luka suporter tanah air. Pasalnya, dalam enam pertandingan yang dilakoni, Charis Yulianto dkk belum sekalipun menuai kemenangan dan bercokol sebagai juru kunci Grup B dengan raihan nilai tiga.

sumber : okezone.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: