Gempa 8,8SR Berpotensi Tsunami Guncang Chilli

gempa chili 8,8 srGempa bumi berkekuatan 8,8 SR mengguncang Chili Sabtu (27/2) siang selama satu setengah menit dan berpotensi tsunami.

Mengutip AP, bangunan runtuh, jaringan telepon terputus, dan listrik padam. Belum bisa diprediksi tingkat kerusakan yang ditimbulkan gempa tersebut.

Gempa dirasakan hingga 200 mil (325 kilometer) arah Barat Daya Ibukota, Santiago, dengan kedalaman 22 mil (35 kilometer) at 3:34 (0634 GMT; 1:34 ET) seperti dilaporkan US Geological Survey.

Pusat gempa hanya 70 mil (115 kilometer) dari Concepcion, Chili kota terbesar kedua di sana, di mana lebih dari 200.000 orang tinggal di sepanjang sungai Bio Bio, dan 60 kilometer dari kota ski Chillan, sebuah gerbang menuju resor ski Andean yang hancur akibat gempa bumi yang etrjadi pada 1939.

Bangunan bergetar dan ambruk di Santiago. Saluran telepon terputus, sementara konfirmasi kerusakan di tempat lain masih sulit terpantau, terutama arah selatan menuju pusat gempa.

Gempa juga terasa di Argentina. Pusat Peringatan Tsunami ‘The Pasifik’ mengeluarkan peringatan untuk Chili dan Peru, dan mengawasi tsunami di Ekuador, Kolombia, Panama, Kosta Rika dan Antartika. “Pembacaan permukaan laut menunjukkan tsunami dihasilkan. Itu mungkin telah merusak sepanjang pantai di dekat pusat gempa dan juga dapat menjadi ancaman lebih lanjut ke pantai,” kata The Pasifik.

Peringatan Tsunami di Pantai Barat Amerika Serikat mengatakan tidak dimungkinkan tsunami di sepanjang barat Amerika Serikat atau Kanada, tapi masih terus memantau situasi.

Gempa bumi terbesar pernah terjadi di wilayah yang sama di Chili pada 22 Mei 1960. Gempa berkekuatan 9,5 SR telah menewaskan 1.655 orang dan sebanyak 2 juta jiwa kehilangan tempat tinggal.

Bencana tsunami juga pernah menewaskan ribuan orang di Hawaii, Jepang dan Filipina dan menyebabkan kerusakan pada pantai barat Amerika Serikat.

UPDATE

Video detik-detik gempa bumi chili 8,8 sr.
Gempa bumi dahsyat berkekuatan 8,8 skala richter membuat negara chili remuk,segala aktifitas lumpuh,infrastruktur ambruk,listrik mati dan komunikasi terputus.Gempa 8,8 SR yang menggoncang Chile telah menyebabkan gelombang tsunami di pulau-pulau pasifik dan telah menewaskan 76 orang.

Gempa terbesar Chile dalam 25 tahun terakhir itu menggoyangkan seluruh negara selama satu setengah menit. Peringatan tsunami langsung dikeluarkan untuk seluruh pulau yang berbatasan dengan Samudera Pasifik. Termasuk Amerika Tengah dan Selatan, hingga Australia dan Antartika.

Menurut pemberitaan radio setempat, gelombang sudah merusak Pulau Juan Fernandez dan lepas pantai Santiago. Deputi Mendagri Patricio Rosende memastikan 76 orang tewas. Sementara Presiden Michelle Bachelet mengumumkan keadaan darurat nasional atas bencana yang terjadi pukul 03.34 pagi waktu setempat itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: