Segala yg Pertama tentang Film Animasi

Dunia
1. Film Animasi Pertama

Quote:

Secara historis & teknis, film animasi pertama (dengan kata lain, film animasi yang paling awal yang pernah dibuat) adalah Humorous Phases of Funny Faces (1906) yang dibuat oleh kartunis surat kabar J. Stuart Blackton, salah satu dari pendiri Vitagraph Company. Film ini merupakan film kartun pertama yang menggunakan metode frame tunggal, dan diproyeksikan pada 20 frame/detik. Dalam film ini, seorang kartunis menggambar dua wajah yang dianimasikan (atau menjadi kelihatan hidup) di papan tulis. Dua wajah tersebut tersenyum dan mengedipkan mata, dan pria perokok cerutu mengembuskan asap di wajah si wanita.

sumber: http://www.filmsite.org/animatedfilms.html

Spoiler for Humorous Phases Of Funny Faces:

Humorous Phases Of Funny Faces


J. Stuart Blackton

2. Fim Animasi Penuh Pertama

Quote:

Dibuat dari bulan Februari-Mei/Juni 1908, dan di rilis pada tanggal 17 Agustus tahun itu juga, “Fantasmagorie” dianggap sebagai film animasi penuh pertama yang pernah dibuat. Dibuat dari 700 gambar dengan durasi sekitar 2 menit.

sumber: http://www.filmsite.org/animatedfilms.html

Spoiler for Fantasmagorie:


Emile Cohl

3. Film Animasi Warna Pertama

Quote:

Flowers and Trees (1932) merupakan kartun Silly Symphonies yang diproduksi oleh Walt Disney, disutradarai oleh Burt Gillett, dan dirilis di teater United Artists pada tanggal 30 Juli 1932. Film ini merupakan film rilis komersial pertama yang diproduksi lewat proses full-color three-strip Technicolor, setelah tahun-tahun sebelumnya memakai proses two-color Technicolor.

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Flowers_and_Trees

Spoiler for Flowers and Trees:

4. Film Animasi Panjang yang Pertama

Quote:

Snow White and the Seven Dwarfs‘, adalah film animasi panjang yang pertama hadir di dunia. Film yang diproduksi Walt Disney itu dirilis pada 1937. ‘Snow White and the Seven Dwarfs’ diadaptasi dari dongeng asal Jerman karya Brothers Grimm.

sumber: http://movie.detikhot..com/read/2009…rtama-di-dunia

Spoiler for Snow White and the Seven Dwarfs:

5. Film Animasi CGI (Computer-Generated Imagery) Pertama

Quote:

Toy Story adalah sebuah sebuah film animasi menggunakan gambar yang dibuat oleh komputer (Computer-generated imagery/CGI). Film yang dibuat oleh Pixar ini dirilis oleh Walt Disney Pictures dan Buena Vista Distribution di Amerika Serikat pada 21 November 1995 serta di Britania Raya pada 22 Maret 1996.
Toy Story adalah film panjang dengan gambar buatan komputer pertama yang dirilis Disney, bahkan dikatakan sebagai yang paling pertama. Film ini juga merupakan film Pixar pertama yang dirilis ke bioskop, meraup US$ 356.800.000 di seluruh dunia. Ceritanya berkisar tentang petualangan mainan yang digambarkan bisa hidup jika tidak ada orang.
Sekuel film ini, Toy Story 2, dan Toy Story 3, dirilis pada 1999 dan 2010. Video Buzz Lightyear of Star Command: The Adventure Begins dan serial televisi Buzz Lightyear of Star Command yang dirilis pada 2000 menceritakan petualangan Buzz Lightyear, salah satu mainan dalam Toy Story.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Toy_Story

Spoiler for Toy Story:

6. Film Animasi Pertama Menghadirkan Manusia CGI yang Fotorealistik

Quote:

Final Fantasy: The Spirits Within adalah sebuah film fiksi ilmiah oleh Hironobu Sakaguchi, pencipta seri permainan RPG Final Fantasy. Film ini dirilis tanggal 11 Juli 2001 di Amerika Serikat dan merupakan film animasi pertama yang secara serius mencoba menghadirkan manusia CGI yang fotorealistik. Walaupun dipromosikan secara besar-besaran oleh Sony, film ini menjadi box office bomb kedua terbesar dalam sejarah perfilman (di bawah Treasure Planet), dengan kerugian lebih dari $124 juta, yang secara efektif membuat bangkrut Square Pictures.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Final_F…Spirits_Within

Spoiler for Final Fantasy: The Spirits Within:

Indonesia
1. Film Animasi Pertama

Quote:

Pada tahun 1955 Indonesia sudah mampu membuat film animasi seiring dengan munculnya film berjudul “Si Doel Memilih” karya Dukut Hendronoto. Film animasi 2 dimensi tentang kampanye pemilihan umum pertama di Indonesia itu menjadi tonggak dimulainya animasi modern di negeri ini.

Lalu, pada tahun 1980-an, muncul film animasi produk Indonesia yang menjadi favorit anak-anak, yaitu “Si Huma”.

sumber: http://www.pasarkreasi.com/news/print/game/49

maap gan, ane ga dapat penampakan film “Si Doel Memilih”. Yg ada cuma film “Si Huma”.. :o

Spoiler for Si Huma:

2. Film Animasi 3D Pertama

Quote:

Homeland‘ adalah film lokal pertama Indonesia yang berwujud animasi 3D. Dibuat pada tahun 2004, dalam animasi ini Anda dapat melihat ‘permainan’ teknologi yang mengangkat cerita tentang petualangan seorang bocah yang berusaha menemukan tempat tinggalnya di dunia imajiner.
Film animasi compugraphic yang berdurasi 90 menit ini digarap oleh 12 anak muda dari Studiokasatmata. Sementara untuk penggarapannya sepenuhnya didukung oleh Kelompok Kerja Visi Anak Bangsa yang memang peduli dengan kreatifitas anak-anak muda Indonesia.

Namun sayangnya, seperti film-film ‘seniornya’ dulu, seperti Beth dan Novel Tanpa Huruf R, Homeland juga gagal masuk bioskop. Pasalnya gara-gara menelan dana Rp 150 juta, Homeland menjadi ‘pailit’. Akibatnya ia kehabisan dana untuk mem-blow-up filmnya menjadi 35 mm agar bisa ditayangkan lewat proyektor bioskop.

sumber: http://www.conectique.com/get_update…article_id=492

Spoiler for Homeland:

Tambahan:
Film Animasi 3D Pertama Indonesia yang Go Internasional

Quote:

Meraih Mimpi adalah film animasi 3-D musikal pertama dari studio animasi di Indonesia dan merupakan versi lokalisasi Indonesia dari film versi bahasa Inggrisnya, Sing to the Dawn yang pertama kali dirilis tahun 2008 di Singapura. Film Meraih Mimpi dirilis di bioskop-bioskop Indonesia pada 16 September 2009, dimana versi lokal ini dirilis oleh Kalyana Shira Films dengan Nia Dinata sebagai penulis naskahnya.

Film versi bahasa Inggrisnya, “Sing to the Dawn” diadaptasi secara lepas berdasarkan novel berjudul sama yang mendapat penghargaan karya penulis kelahiran Myanmar, Minfong Ho, yang pertama kali diterbitkan tahun 1975 dan sangat populer di Singapura. Film tersebut diproduksi oleh Infinite Frameworks (IFW), sebuah studio animasi yang berbasis di Batam, Indonesia, dimana Phil Mitchell bekerja, dengan prakarsa dan dana dari pemerintah Singapura. Film tersebut dirilis tanggal 30 Oktober 2008 di Singapura, kemudian di Korea, Malaysia, dan Rusia. Film ini juga pernah diputar di Pusan international Film Festival di Korea Selatan dan American film Market di Santa Monica, AS. [1]

Versi film lokalisasi ini diisi dengan suara banyak aktor terkenal dari Indonesia, antara lain Uli Herdinansyah, Surya Saputra, Shanty, Cut Mini Theo, Indra Bekti, Jajang C. Noer, sedangkan dua tokoh utama dalam film ini diisi suaranya oleh penyanyi cilik Indonesia saat itu, yaitu Gita Gutawa dan Patton Otlivio Latupeirissa.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Meraih_Mimpi

Spoiler for Meraih Mimpi:

One Comment to “Segala yg Pertama tentang Film Animasi”

  1. Aku bangga menjadi anak indonesia !!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: