Pemain ke-12 sepakbola INDONESIA

AREMANIA

Spoiler for :
Aremania adalah sebutan untuk komunitas pendukung (suporter) klub sepak bola Arema Malang. Aremania tidak termasuk dalam struktur organisasi PS Arema Malang melainkan berdiri sendiri sebagai organisasi independen pendukung Arema. Oleh karena itu Aremania selalu mandiri dalam segala urusan dan pembiayaannya.
Sebelumnya pendukung Arema pernah berada dalam “masa kelam” di mana setiap kesebelasannya bertemu dengan tim lain hampir dipastikan akan terjadi kerusuhan. Pernah terjadi setiap kendaraan yang berplat nomor “L” (dari Kota Surabaya) pasti dirusak. Sampai saat ini, apabila Persebaya bertanding ke Malang, mereka tidak pernah mengirim suporternya, begitu pula jika Arema bertandang ke Surabaya. Setelah timbul kesadaran untuk menunjukkan bahwa mendukung kesebelasan kesayangnnya tak harus dengan pandangan sempit (chauvinisme lokal), Aremania mulai berbenah diri dan mulai merubah imejnya, tidak hanya damai, sportif, loyal, tapi juga atraktif.
Aremania termasuk suporter paling loyal di Indonesia. Di setiap pertandingan, entah di Malang maupun di luar kota Malang, Aremania selalu mendukung tim kesayangannya. Mereka tidak pernah peduli timnya menang atau kalah, yang penting mereka mendukung tim kesayangan mereka dengan cara yang sportif, atraktif dan simpatik.
Penghargaan yang pernah diraih oleh Aremania antara lain adalah The Best Suporter pada Ligina VI tahun 2000 Oleh Ketum Agum Gumelar. dan The Best Suporter pada Copa Indonesia II tahun 2006.

THE JAKMANIA

Spoiler for :
The Jakmania adalah kelompok pendukung / supporter kesebelasan sepak bola Persija Jakarta yang berdiri sejak Ligina IV, tepatnya 19 Desember 1997. Markas dan sekretariat The Jakmania berada di Stadion Lebak Bulus. Setiap Selasa dan Jumat merupakan rutinitas The Jakmania baik itu pengurus maupun anggota untuk melakukan kegiatan berkumpul bersama membahas perkembangan The Jakmania serta laporan-laporan dari setiap bidang kepengurusan. Tidak lupa juga melakukan pendaftaran bagi anggota baru dalam rutinitas tersebut

Spoiler for Sejarah:
Ide terbentuknya The Jakmania muncul dari Diza Rasyid Ali, manager Persija saat itu. Ide ini mendapat dukungan penuh dari Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso. Sebagai pembina Persija, memang Sutiyoso sangat menyukai sepak bola. Ia ingin sekali membangkitkan kembali persepak bolaan Jakarta yang telah lama hilang baik itu tim maupun pendukung.
Pada awalnya, anggota The Jakmania hanya sekitar 100 orang, dengan pengurus sebanyak 40 orang. Ketika dibentuk, dipilihlah figur yang dikenal di mata masyarakat, yaitu Gugun Gondrong yang merupakan sosok paling ideal di saat itu. Meski dari kalangan selebritis, Gugun tidak ingin diberlakukan berlebihan. Ia ingin merasa sama dengan yang lain.
Pengurus The Jakmania waktu itu akhirnya membuat lambang sebuah tangan dengan jari berbentuk huruf J. Ide ini berasal dari Edi Supatmo, yang waktu itu menjadi Humas Persija. Hingga sekarang, lambang itu masih dipertahankan dan selalu diperagakan sebagai simbol jati diri Jakmania.
Seiring dengan habisnya masa pengurusan, Gugun digantikan Ir. T. Ferry Indrasjarief yang lebih akrab disapa Bung Ferry. Masa tugas Bung Ferry adalah periode 1999-2001 dan kembali dipercaya untuk memimpin The Jakmania periode 2001-2003, 2003-2005.
Bung Ferry memimpin The Jakmania hingga 3 periode. Di bawah kepemimpinan Bung Ferry yang juga pernah menjadi anggota suporter Commandos Pelita Jaya[rujukan?], The Jakmania terus menggeliat. Organisasi The Jakmania ditata dengan matang. Maklum, Bung Ferry memang dibesarkan oleh kegiatan organisasi. Awalnya, sangat sulit mengajak warga Jakarta untuk mau bergabung.
Beruntung, pengurus menemukan momentum jitu. Saat tim nasional Indonesia berlaga jelang Piala Asia, mereka menyebarkan formulir di luar stadion. Dengan makin banyaknya anggota yang mendaftar sekitar 7.200 anggota, dibentuklah Kordinator Wilayah.
Dan sampai pendaftaran terakhir saat ini terdapat lebih dari 30.000 anggota dari 50 Korwil. Setelah diadakan Pemilihan Umum Raya 2005, untuk memilih Ketua Umum yang baru, akhirnya terpilihlah Ketua Umum Baru periode 2005-2007 yaitu Hanandiyo Ismayani atau yang bisa dipanggil dengan Bung Danang.

LA MANIA

Spoiler for :
LA MANIA adalah supporter pendukung Persela Persatuan Sepakbola Lamongan atau lebih dikenal dengan sebutan Persela Lamongan adalah sebuah klub profesional yang berkedudukan di Kota Lamongan, Jawa Timur. Tim berjuluk Laskar Joko Tingkir saat ini adalah salah satu kontestan Superliga 2009/10, kompetisi sepakbola paling bergengsi di tanah air.

Meski telah berdiri sejak 18 April 1967, Persela baru mulai menunjukkan eksistensinya di pentas sepakbola nasional setelah kompetisi memasuki era profesional. Itu pun setelah berjalan sembilan tahun, atau tepatnya pada musim 2003 silam, ketika mereka sukses promosi ke divisi utama, level tertinggi kompetisi sepakbola di tanah air kala itu.

Sebelumnya, tim ini hanya berkutat di level bawah, yakni divisi II dan divisi I. Namun semuanya berubah begitu sukses promosi ke divisi utama lewat partai playoff di Stadion Manahan, Solo, pada penghujung 2003. Sejak saat itu, Pesela terus unjuk kemampuan hingga akhirnya menembus Superliga, kasta tertinggi kompetisi sepakbola nasional yang baru pertama kali digulirkan musim ini.

VIKING

Spoiler for :
Viking Persib Club adalah pendukung tim sepakbola Indonesia, Persib Bandung. Didirikan pada tahun 1993. Keanggotaan Viking Persib Club telah mencapai 72.000 orang yang dipisahkan oleh lebih dari 70 kabupaten di seluruh Indonesia. Viking Persib Club adalah mungkin salah satu kelompok terbesar di sepak bola Indonesia.
juju pendukung adalah kelompok, bukan organisasi atau fans club dengan aturan resmi, setiap satu dari “vikers” adalah sebuah keluarga. dan seperti keluarga, keragaman tindakan dan sikap adalah sesuatu yang biasa dan dihormati oleh setiap satu dari vikers.
kepala juju pendukung persib klub heru djoko. dan para jenderal pendukung persib viking klub ini mang ayi (paman ayi).

BONEK

Spoiler for :
Istilah Bonek,akronim bahasa Jawa dari Bondho Nekat (modal nekat), biasanya ditujukan kepada sekelompok pendukung atau suporter kesebelasan Persebaya Surabaya, walaupun ada nama kelompok resmi pendukung kesebelasan ini yaitu Yayasan Suporter Surabaya (YSS).
Istilah bonek pertama kali dimunculkan oleh Harian Pagi Jawa Pos tahun 1989[rujukan?] untuk menggambarkan fenomena suporter Persebaya yang berbondong-bondong ke Jakarta dalam jumlah besar. Secara tradisional, Bonek adalah suporter pertama di Indonesia yang mentradisikan away supporters (pendukung sepak bola yang mengiringi tim pujannya bertandang ke kota lain) seperti di Eropa.[rujukan?] Dalam perkembangannya, ternyata away supporters juga diiringi aksi perkelahian dengan suporter tim lawan. Tidak ada yang tahu asal-usul, Bonek menjadi radikal dan anarkis. Jika mengacu tahun 1988, saat 25 ribu Bonek berangkat dari Surabaya ke Jakarta untuk menonton final Persebaya – Persija, tidak ada kerusuhan apapun.
Secara tradisional, Bonek memiliki lawan-lawan, sebagaimana layaknya suporter di luar negeri. Saat era perserikatan, lawan tradisional Bonek adalah suporter PSIS Semarang dan Bobotoh Bandung. Di era Liga Indonesia, lawan tradisional itu adalah Aremania Malang, The Jak suporter Persija, dan Macz Man fans PSM Makassar. Di era Ligina, Bonek justru bisa berdamai dengan Bobotoh Persib Bandung dan Suporter PSIS Semarang.


33 Comments to “Pemain ke-12 sepakbola INDONESIA”

  1. AREMA HARUS MAJU…..
    AREMA HARUS MENANG…
    AREMA PENGUASA SEPAK BOLA SEJAGAT RAYA

  2. AREMA PENGUASA SEPAK BOLA SEJAGAT RAYA???? yg bener nih??? Menurut catatan sejarah…arema baru 1 kali juara Galatama dan belum pernah sekalipun merebut liga indonesia. Coba bandingkan dengan Persebaya??? di era perserikatan udh juara beberapa kali, trus di liga indonesia sekarang udh 2 kali juara, sama seperti persik kediri dan persipura jayapura yg sama2 merebut 2 kali juara liga indonesia. Mikir dong….!!!

  3. Arema mbok ne ancok cok cok cok
    Lak wani paranono nang suroboyo cok arema jancok

  4. AREMANIA Kucing Gering & THE JAK Anjing
    wanine neng kandang tok dancok, asu, gatel

  5. BONEK VIKING sama saja
    Asal jangan PERSIJA
    PERSIJA Anjing

    Aq akan terus mendukung u ( bonek viking )
    maju terus …….pantang mundur
    walau halangan , rintangan , tak jadi masalah dan tak jadi beban pikiran.

  6. persebaya jancok…..
    persib asu…..

    HIDUP AREMA!!!!!!!

  7. Selamat Arema indonesia yang menjadi kampiun isl 2009/2010……
    maju terus arema……….
    maju terus sepak bola indonesia…………

    Salam satu jiwa aremania

  8. BONEK = ANJINGNYA INDONESIA
    BONEK = SAMPAH INDONESIA

  9. JAKMANIA BINTARO AMPE MATI DUKUNG PERSIJA
    AREMANIA KITA SAUDARA ….

  10. VIKING BONEK ANJING JANCOK …..
    SAMPAH

  11. viking bonek qta satu hti
    truskn prjuangn klian
    jdikn prshbtn klian sbagai kkuatn mlawan pra anjing jlanan
    by:viking galunggung

  12. arema???10000%
    koyo JANCOK KEPARAT( RAWE RAWE RANTAS MALANG MALANG JANCOK )
    APA LAGI….
    – pasopati eleng asu
    – la lamongan sotone mbokne ancok n MAMBU…….
    – THE JACK kaya mamak dan papa lagi entod2an di kamar anjing

  13. the jack sampah ibukota bonek viking satu hati seporterlain hati-hati.

  14. AREMA GAKWANI NANG SIROBOYO WANINE NANG SUROBOYO MEK DODOLAN BAKWAN THOK IKUAE SHIK NGAE EMBEL-EMBEL BONEK NANG ROMBONGE !!!!GAK ISINTA NGONOIKU ?????…JARENEAE WANI AMBEK BONEK EHLHA KOK MEK GEDHE CANGKEME THOK ?????…..

  15. BONEK VIKING MATANE ANCAOK……
    BONEK VIKING MBOKNE ANCAOK…..
    BONEK VIKING RAINE KEREK ……
    BONEK VIKING ANCOK…… . . . . DIBUNUH SAJA

  16. BONEK VIKING MATANE ANCAOK……
    BONEK VIKING MBOKNE ANCAOK…..
    BONEK VIKING RAINE KEREK ……
    BONEK VIKING ANCOK…… . . . . DIBUNUH SAJA

    SALAM SATU JIWA ArEmA

  17. :::: BEGINI NIH KELAKUAN ORANG2 INDONESIA !!!! ::::
    :::: BEGINI NIH KELAKUAN ORANG2 INDONESIA !!!! ::::
    :::: BEGINI NIH KELAKUAN ORANG2 INDONESIA !!!! ::::
    :::: BEGINI NIH KELAKUAN ORANG2 INDONESIA !!!! ::::
    :::: BEGINI NIH KELAKUAN ORANG2 INDONESIA !!!! ::::

  18. sampai kapan kalian berkelahi demi mendukung kesebelasan kalian,
    kalian gk mikir bagaimana masa depan kalian cobalah tuk berdamai gk usah ada keributan or pertikaian antara suporter

    masa kesebelasan kalian kalah yang jadi sasaran orang yang tidak berdosa
    klo emang kalian jago coba by 1 aja !!!! gk usah pakek keroyokan klo kalian keroyokan mending pakek BH aja

    BY Bonek peace

  19. suporter jawa timur terbanyak di indonesia hati-hati kalau ke jatim

  20. sapa bilang indonesia arema, jancok………………

    indonesia milik kita semua

    yang bilang indonesia arema, jancok………………

    itu orang yang tak pernah sekolah

    oooooo……..oooooooo

    SUROBOYO gak ono BONEK gak rame cok………………

  21. bertengkar terus, kapan damainya? lalu kapan sepakbola Indonesia ini bisa Maju?
    Damailah Boneek – Aremania, Viking – The Jak, NJ Mania – The Jak

  22. hidup VIKING BONEK,hidup PERSIB PERSEBAYA
    PERSIB PERSEBAYA ampe mati. Persijablay Arema bukan Indonesia udah mati

  23. bonex dancok+kampungan ………………..asuuu
    viking anjing+ndeso……………………asuuu
    the jak king of foot ball………………i love you
    aremania saudara the jak……………….i love you to

  24. bonekviking ama aja jngn asl the jak itu anjing

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: