Tempat-tempat Paling Extrem Dunia

1. Lut Desert (Iran): tempat terpanas di dunia 159 °F (71 °C)

Jika anda berdiskusi tentang tempat paling panas di muka bumi, maka banyak yang bilang Al Azizyah, Libya, yang pernah diketahui dengan suhu 136 Fahrenheit (57,8 Celcius). Atau pada tahun 1913 di Death Valley, California, Amerika Serikat, dengan suhu 134 Fahrenheit. Tetapi ada situs lain yang mengatakan tempat terpanas dimuka bumi yang pernah direkam oleh satelit NASA adalah 71 ° C (159 ° F) di gurun Lut dari Iran yang meliputi wilayah sekitar 480 kilometer, disebut Gandom Beriyan (the toasted gandum).

2. Gunung Chimborazo (Ecuador):gunung tertinggi 20.703 kaki (6.310 m) di atas permukaan laut

Hampir semua orang tahu bahwa Gunung Everest adalah gunung tertinggi di dunia. Banyak Pedaki gunung yang kesana untuk naik ke atapnya dunia. Puncak Gunung Everest adalah 8.848 meter (29.028 kaki) di atas permukaan laut, Ketinggian tinggi ini menandakan Gunung Everest punya alasan kuat sebagai gunung dengan ketinggian tertinggi.

Tapi tidak banyak orang yang tahu tentang Gunung Chimborazo di Ekuador dengan ketinggian 6.310 meter (20.703 kaki), yang kurang dari Mount Everest, namun memiliki perbedaan Chimborazo menjadi gunung yang tertinggi di atas Bumi dari pusat. Hal ini karena Bumi bukan sphere – itu adalah oblate bulat. Sebagai oblate bulat, Bumi yang luas dengan khatulistiwa. hanya satu derajat sebelah selatan khatulistiwa bumi dan di lokasi itu adalah 6.384 kilometer dari pusat bumi atau sekitar 2 kilometer jauh dari pusat bumi dibandingkan Gunung Everest.

Namun banyak orang yang tidak tahu di ekuador ada gunung yang bernama gunung Chimborazo dengan ketinggian 6.310 meter (20.703 kaki), dan lebih rendah dari Mount Everest. Yang berbeda adalah gunung ini menjadi gunung tertinggi jika dihitung dari pusat bumi, sebab bentuk bumi yang tidak benar-benar bulat alias oval, sehingga gunung Chimborazo yang hanya satu derajat dari khatulistiwa dan 6.384 kilometer dari pusat bumi atau sekitar 2 kilometer jauh dari pusat bumi dibandingkan Gunung Everest.

Orang ekuador sangat bangga dengan kenyataan ini, meski gunung Everest punya kelebihan dalam hal kesulitan pendakian dll

3. Tristan de Cunha (Inggris) :kepulauan terpencil di dunia

Tristan da Cunha ialah segugusan pulau terpencil yang terletak di bahagian selatan Lautan Atlantik, 2816 km (1750 batu) dari Afrika Selatan dan 3360 km (2088 batu) dari Amerika Selatan. Tristan da Cuna ialah sebuah Wilayah Luar Negeri British Saint Helena, 2173 km (1350 batu) di utara. Wilayah ini terdiri daripada pulau utamanya, Tristan da Cunha (keluasan: 98 km², 38 batu persegi), serta juga beberapa pulau yang tidak didiami: Pulau Inaccessible dan Kepulauan Nightingale. Pulau Gough yang terletak 395 km (245 batu) di tenggara pulau utama, juga sebahagian wilayahnya.

4. Angels Falls (Venezuela) :air terjun tertinggi di bumi dengan 3.230 kaki (984 m)

Air Terjun Angel atau Salto Angel adalah air terjun jatuh-bebas tertinggi di dunia dengan ketinggian 979 meter (3.212 kaki) dengan jatuh tanpa hambatan sekitar 807 meter (2.647 kaki). Air terjun ini terletak di Rio Caroni, Taman Nasional Canaima, Venezuela.

Meskipun pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas. Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Air terjun ini dinamakan “Air terjun Angel” untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel. Suku Indian Pemon menyebut air terjun ini sebagai “Auyan-tepui” (“Aiyan-tepui”) yang berarti “Gunung Setan”.

Ketinggian resminya ditentukan oleh National Geographic Society pada 1949. Air terjun ini merupakan atraksi turis paling terkenal di Venezuela.

5. Oymyakon (Rusia) : tempat paling dingin di dunia -96,2 ° F (-71,2 ° C)

Oymyakon, desa yang lain yang terletak di daerah Yakutia, Rusia juga mengklaim menjadi tempat yang paling dingin di belahan bumi utara,. Di bahasa Sakha (suku di Rusia), Oymyakon berarti “air yang tidak membeku”, karena adanya sumber air panas di tengah-tengah permafrost (tanah yg terdapat di daerah beku, yang tidak selalu tertutup salju, CMIIW deh). Pada 26 Januari, 1926, suhu di Oymayakon dicatat -96,2 °F (-71,2 °C). Ada bantahan dengan bilangan ini karena ada ukuran yang didapat melalui acuan yang lebih baik daripada ukuran termometer langsung. Seperi Snag di Kanada, Oymyakon terdapat pada cekungan di antara gunung-gunung, yang menjebak udara dingin. Suhu pada musim dingin sering lebih rendah daripada -50°F (46°C) atau sekitar -76°F(60°).

6.The Dry Valleys (Antarctica):tempat terkering di dunia

Lembah Kering di Antartika ini memiliki lantai berupa kerikil, dan dikatakan bahwa pemandangan yang anda dapat saksikan di tempat ini tidak jauh jadi pemandangan di Mars. Pemandangan yang luar biasa ini akana anda temukan di Antartika, dan sama sekali tidak mendapat salju, sekaligus merupakan satu-satunya tempat tanpa es di Antartika. Terkadang di dasar lembah ini terdapat danau es yang tebalnya mencapai beberapa meter. Dan dibawah danau ini, terdapat air yang sangat asin, dan yang lebih seru lagi, ternyata di dalam air tersebut ada mahluk hidup yang bisa hidup!

Tempat kering yang lain adalah Padang pasir Atacama adalah tempat yang paling kering I dunia. Tidak ada hujan yang pernah tercatat selama 401 tahun antara tahun 1570 hingga 1971. Padang pasir Atacama, yang terletak pada ketinggian 2000 kaki, terentang di sepanjang provinsi Cile, antofagasta, Atacama dan Tarapaca. Kepentngannya dari penambangan dan kekayaan berkisar antara nitrat dan borax, ingga bijih besi yang mengandung metal, seperti tembaga, perak, besi, timah dan nikel.

7. Parit marianas (indonesia dan jepang) : titik ter rendah yang ada di bumi

Palung Mariana atau Palung Marianas adalah palung yang paling dalam yang diketahui, dan lokasi terdalamnya berada di kerak Bumi. Dia terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepualauan Mariana di 11° 21′ Utara latitude dan 142° 12′ Timur longitude, dekat juga dengan Jepang. Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina. Dasar dari palung ini jauh di bawah permukaan laut lebih jauh dari ketinggian Gunung Everest di atas permukaan laut.

Palung ini memiliki kedalaman maksimum 10.911 meter (35.798 kaki) di bawah permukaan laut. Kalau dihitung menurut latitudenya dan “equatorial bulge” Bumi, ia berada 6.366,4 km dari pusat Bumi. Samudra Arktik, di sisi lain, dengan kedalaman 4 km, memiliki jarak dasar laut dengan pusat bumi sebesar ~6.352,8 km, 13,6 km lebih dekat.

Pertama kali diteliti pada 1951 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, yang memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger. Menggunakan gema suara, Challenger II mengukur kedalam 5.960 fathom (10.900 m) pada 11° 19′ U, 142° 15′ T. Penyuaraan ini diulang berkali-kali menggunakan “earphone” untuk mendengar sinyal yang kembali ketika “stylus” melewati skala kedalaman “graduated”, sementara itu ketika pengukuran waktu kecepatan mesin gema-suara, sebuah bagian yang diperlukan dari proses ini, ditangani dengan “stopwatch”. Untuk alasan ini dianggap cukup berhati-hati untuk mengurangi satu skala divisi (20 fm) ketika mengumumkan resmi kedalaman baru 5.940 fm (10.863 m). Di dasar Palung Mariana, air memberikan tekanan sebesar 1.086 bar (108 MPa atau 15.751 psi).

8. Lloro (Colombia):tempat paling basah di dunia, karena paling sering turun hujan

Lloro, Colombia memiliki curah hujan rata2x 523.6 inci per tahun. atau lebih dari 40 kaki (13 meter).Ini 10 kali lebih tinggi dari kota bercurah hujan tertinggi di Eropa dan Amerika.

9. Mount Thor (Canada):gunung paling curam

Berlokasi di Taman Nasional Auyuittuq, Canada, bagian barat dari gunung Thor atau puncak Thor, menjulang setinggi 1675 m (5495 ft) dan tercatat sebagai tebing paling jangkung sedunia. Keterpencilan dan sudut vertikalnya yang 105 derajat membuatnya menjadi favorit bagi para pemanjat tebing dan sebagai lokasi camping. Puncak granitnya yang juga bagian yang membentuk pegunungan Baffin pertama didaki oleh sebuah tim dari Arctic Institute, Amerika Utara tahun 1953. Rappel terpanjang di gunung ini sampai saat ini dibuat pada 23 Juli 2006 oleh sekelompok pemuda Amerika. Keindahan gunung Thor dapat ditemui dalam film “The Songs Remain The Same”.

10. Dead Sea (Jordan):dataran paling rendah di bumi, 1.385 kaki (422 m) di bawah permukaan laut

Laut Mati adalah daratan terendah di muka Bumi, oleh karenanya, air Laut Mati tidak bisa mengalir kemana-mana. Ingat sifat air kan, yang mengalir dari tempat tinggi ke tempat rendah?

Nah, karena posisinya tersebut, setiap harinya sekitar tujuh juta ton air di Laut Mati menguap, menyebabkan tiap hari air laut ini bertambah asin.

Kadar garam air Laut Mati sekitar 30 % lebih tinggi daripada kadar garam air laut biasanya yang sekitar 3,5 %. Artinya, di Laut Mati sekitar sembilan kali lebih asin dibandingkan dengan air laut biasa. Sedangkan kadar garam tubuh kita hanya 1 – 2 %. Tidak heran, kita akan terapung ketika berenang di Laut Mati.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=2559587

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: