Makna Dibalik Logo-Logo Perusahaan Otomotif Terkenal

Seperti perangko, yang tidak hanya sebagai pemanis dan bukti pengiriman surat, suatu logo tidak hanya sebagai pemanis dan jati diri suatu perusahaan. Ternyata dibalik itu masih banyak hal-hal lain yang dapat diungkit terkait dengan perusahaan tersebut, seperti sejarah, pendiri, bahkan visi dan misi perusahaan tersebut (dalam hal ini perusahaan otomotif).

Jadi penasaran? Ayo kita lihat logo-logo tersebut

Quote:
Spoiler for ALFA ROMEO:

salib merah untuk mengingat jasa Giovanni Da Rio yang terkenal sebagai orang pertama yg memanjat tembok Yerusalem dan mengibarkan bendera ini saat peran salib I. simbol sebelahnya adalah gambar naga pemakan manusia yang konon menghabisi penduduk lokal Milan pada awal abad 5 Masehi

Spoiler for BMW:

Logo ini adalah bagian dari bendera Bavaria dan juga menunjukkan bahwa BMW membuat mesin propeler pesawat tempur saat PD2

Spoiler for FERRARI:

Lambang kuda jingkrak Ferrari yang terkenal berasal dari lambang Ace (jago tempur) AU Italia saat PD1, Count Francesco Baracca. Lambang ini ditulis di samping pesawatnya sebagai pembawa keberuntungan.

Spoiler for LAMBORGHINI:

Logo ini melambangkan zodiak sang pemilik (Banteng = Taurus), Ferrucio Lamborghini. Ia juga pecinta pertunjukkan matador.

Spoiler for LOTUS:

Lihat huruf ACBC di atas tulisan Lotus? itu adalah inisial pendiri perusahaan ini, Anthony Colin Bruce Chapman.

Spoiler for MASERATI:

Ternyata lambang trisula disini bukan lambang setan, tetapi lambang kuno kota Bologna, pabrik pertama Maserati.

Spoiler for MERCEDES-BENZ:

Lambang bintang berlengan tiga ini melambangkan kehebatan Mercedes-Benz di laut, darat, dan udara

Spoiler for AUDI:

Lambang 4 cincin bersatu mempunyai arti merger dari 4 perusahaan besar; Audi, DKW, Horch, dan Wanderer. Audi dalam bahasa latin berarti ‘mendengar’. Dalam bahasa Jerman, Horch (salah satu pendiri perusahaan ini), artinya juga mendengar. Maka dari itu, agar lebih umum, nama Audi lah yang dipakai.

Spoiler for PORSCHE:

Gambar tanduk2, dan garis merah hitam adalah lambang tentara kerajaan Wruttemberg (abad pertengahan). Stuttgart adalah kota pabrik pusat Porsche.

Spoiler for SAAB:

Kepala Griffen (makhluk mitologi campuran singa dan elang) berasal dari jubah Count von Skane, yang akhirnya digunakan sebagai lambang provinsi Skane di Swedia. Di provinsi inilah Saab dibentuk.

Spoiler for RENAULT:

Menurut TS ini unik. Bentuk diamond ini pada awalnya ditaruh di kap mesin dengan segi empat di tengahnya berlubang. Gunanya sebagai lubang keluarnya suara klakson (klakson Renault dulu tepat di belakang logo ini). Lama kelamaan bentuk ini dijadikan logo Renault.

Spoiler for SUBARU:

Arti ‘subaru’ adalah ‘bersatu’. logo ini juga menggambarkan gugus bintang Pleiades dalam rasi Taurus, yang dimana terdiri dari 6 bintang yang bisa dilihat dengan mata telanjang. Dalam mitologi Yunani, Atlas, dewa pengangkat beban, anak2 perempuannya menjelma menjadi 6 bintang ini.

Spoiler for MITSUBISHI:

3 berlian melambangkan 3 armada kapal yang dimiliki pendiri perusahaan ini pada saat awal didirikan.

Spoiler for VOLVO:

Volvo berarti ‘aku pergi’ dalam bahasa latin. Lambang jantan disitu bukan berarti laki-laki, tetapi lambang kuno besi; dimana besi sangat berlimpah di Swedia.

Spoiler for YAMAHA:

Yamaha memakai lambang 3 garpu tala karena pada awalnya mereka adalah produsen alat musik. Garpu tala berguna untuk menyetel nada pada alat musik.

Spoiler for LAIN-LAIN:
Lambang seperti Toyota, Daihatsu, Suzuki, Lexus, adalah inisial dari nama perusahaan itu sendiri.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: